Tingkatkan Keselamatan, UPTD I Gelar Peringatan Bulan K3

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUAROJAMBI- UPTD Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Disnakertrans Provinsi Jambi menggelar peringatan bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) nasional tahun 2019. Peringatan bulan K3 tahun ini mengambil tema melalui budaya K3 mendorong terbentuknya bangsa yang berkarakter untuk menurunkan tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja serta mewujudkan Jambi Tuntas 2021.

Staf ahli gubernur bidang ekonomi dan pembangunan Hj Sri Anggunaini mewakili Sekda Provinsi Jambi M Dianto secara resmi membuka peringatan bulan K3 di halaman kantor UPTD I Jalan Lintas Timur-Sengeti KM 27 Kecamatan Sekernan, Muarojambi, Sabtu (23/3) pagi.

Peringatan bulan K3 diawali dengan melaksanakan olahraga bersama yang diikuti mitra kerja UPTD  Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I.

Pelaksanaan peringatan bulan K3 mengacu pada keputusan Menteri Tenaga Kerja No 386 Tahun 2014 tentang petunjuk pelaksanaan bulan kelesamatan dan kesehatan kerja  nasional.

Sri Anggunaini mengatakan peringatan bulan K3 ini menjadi moment bagi seluruh pekerja perusahaan dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya aspek K3 untuk mengindari terjadinya kecelakaan kerja. 

Ia menambahkan sebuah kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan cedera atau kematian. "Namun, juga menyebabkan kerugian materil, moril, serta mempengaruhi produktivitas pekerja," ujarnya kepada wartawan kemarin.

Karena itu ia sangat mengapresiasi bulan K3 ini. "K3 ini sangat positif bagi pekerja dan perusahaan.

Dengan adanya kegiatan K3 ini masyarakat juga tahu bahwa sesungguhnya para tenaga kerja perusahaan itu sebenarnya ada payung hukumnya. Yang harus dipatuhi perusahaan.  Menjadi kewajiban perusahaan dan pekerja untuk mematuhi K3. Sebab akhirnya berdampak pada produktifitas perusahaan itu sendiri," pungkasnya.

Kepala Disnakertrans Jambi M Ali juga mengingatkan seluruh pekerja dan mitra kerja untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam bekerja serta  peduli terhadap potensi-potensi yang bisa menyebabkan insiden kapan saja dan dimana saja. 

Ia juga berharap UPTD Balai Pengawasan Ketenagakerjaan menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal. Mengawasi perusahaan-perusahaan yan ada di wilayah kerjanya.  

"Adanya UPTD ini memperpendek jalur pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan dan masyarakat sendiri," katanya.

Sementara Kepala UPTD Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I, Dodi Haryanto menyatakan, kegiatan peringatan bulan K3 di UPTD ini bertujuan untuk meningkatkan budaya safety kepada para pekerja serta mitra kerja yang pada akhirnya dapat menciptakan zero accident. "Memperingati bulan K3 ini sekaligus memberitahukan keberadaan kami, kantor UPTD I. Kami disini belum lama namun mitra kerja sudah tahu kami. UPTD I meliputi Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, Batanghari, Tanjab Barat, dan Tanjab Timur," tandasnya.

Kegiatan bulan K3 diisi bakti sosial seperti donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Pada kegiatan bulan K3 ini hadir juga kepala Disnakertrans Tanjab Barat dan mitra kerja UPTD I.(dar)

Bagikan Artikel ini: